Sunday, July 1, 2018

Hindari Kanker dengan Banyak Mengkonsumsi Sayuran Ini

Hari itu ceritanya gw habis baca-baca buku kesehatan yang mengulas perihal penyakit yang popular di Indonesia, satu diantaranya kanker (bukanlah kantong kering loh, itu mah penyakit jaman mahasiswa dahulu.. huhu).

Dalam buku itu diterangkan bahwa kanker (cancer) ini dapat dihindari sedini mungkin saja dengan adanya banyak konsumsi sayuran serta buah.

Kenapa gw menulis perihal artikel itu, utamakah? Menurut gw cukup utama sih topik itu meskipun sesungguhnya telah banyak situs yang membahasnya, namun lantaran sayuran itu kerap ada di seputar kita serta kerap kita abaikan, pasti tidak ada kelirunya bila kita ketahui.

Jadi tidak cuma masalah tehnis atau langkah menanam/budidaya saja yang kita ulas. Penasaran sayuran (vegetables) apapun yang dapat menghindar penyakit kanker? 

1. Kubis (cabbage

Kubis di kenal sebagai anti-oksidan lantaran kandungan zat aktif sulforafan serta histidine-nya. Hingga sekarang ini kubis sangatlah efisien untuk menghindar penyakit kanker kolon serta rektum, menghindar tumor dan tingkatkan ketahanan badan.

2. Wortel (carrot

Wortel, sayuran bewarna orange inih memiliki kandungan banyak zat aktif betakaroten (beta carotene) yang tinggi. Betakaroten di ketahui mulai sejak lama bisa menghindar berkembangnya beberapa sel kanker.

3. Brokoli (broccoli

Dalam brokoli, terdapat zat aktif sulforafan seperti dalam kubis. Sebagai anti-oksidan zat aktif sulforafan bisa menghindar penyakit kanker, terutama kanker lambung, kanker usus besar serta kanker payudara.

4. Seledri (celery)

Seledri memiliki kandungan zat aktif apigenin bisa menghindar sekalian menghalangi sel kanker seperti kanker pankreas, lambung, usus, hati, paru-oaru, payudara serta ovarium. Baunya yang khas serta fresh dapat jadikan moodbooster waktu anda badmood.

5. Pare (bittergourd

Terasa pahit, namun faedahnya banyak? Tersebut pare/paria. Memiliki kandungan zat aktif/anti-oksidan betakaroten 2 x semakin banyak di banding brokoli, bikin sayuran itu sangatlah baik untuk menghindar radikal bebas pemicu penyakit kanker.

6. Tauge (green beans

Tauge (kecambah dari kacang hijau) banyak terkandung banyak zat anti-oksidan tokoferol (tocopherol) dengan kata lain vitamin E. Vitamin E berperan membuat perlindungan dari radikal bebas. Di ketahui juga memiliki kandungan Estrogen yang bisa menghindar kanker payudara.

7. Terong (eggplant

Terong memiliki kandungan anti-oksidan asam klorogenat (chlorogenic acid) yang berperan untuk menghindar perubahan sel kanker. Terkecuali pada daging, kulitnya banyak terkandung anti-oksidan flavonoid yang juga berbentuk antikanker.

8. Tomat (tomato

Tomat di kenal memiliki kandungan zat aktif bernama likopen (lycopene). Zat anti-oksidan itu bermanfaat terkecuali untuk menghindar pembentukan beberapa sel kanker juga menetralkan radikal bebas yang masuk pada badan. Lycopene tak di produksi oleh sel badan manusia hingga disarankan untk banyak konsumsi tomat.

Sesungguhnya sangatlah sangat banyak kandungan vitamin serta mineral pada sayuran-sayuran diatas, satu diantaranya memiliki kandungan banyak vitamin C, yang berperan tingkatkan kekebalan badan dari serangan penyakit. Tetapi, gw cuma membahasnya dari sisi fungsinya sebagai anti-oksidan pencegah kanker.

Tidak hanya menghindar, sayuran ber-antioksiadan di ketahui nyatanya dapat bikin awet muda juga loh. Jadi mulai saat ini memperbanyak mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan ya sob.

Sekian artikel perihal hindari kanker dengan adanya banyak mengkonsumsi sayuran. Mudah-mudahan berguna!

No comments:

Post a Comment