Saturday, June 30, 2018

Panduan Pilih Benih Padi yang Berkualitas

Satu diantara usaha untuk membuahkan tanaman padi yang berkwalitas yaitu penentuan benih padi yang berkwalitas juga.

Mengapa sih mesti benih padi yang berkwalitas? Serta Seperti apa benih padi yang berkwalitas ini?

Gw fikir hingga sekarang ini tidak banyak petani padi yang mengerti benih padi yang berkwalitas ini bagaimanakah. Oleh karenanya, kami terasa butuh untuk membagikan panduan bagaimanakah pilih benih padi berkwalitas.

Benih yang unggul sangatlah punya pengaruh pada hasil akhir satu komoditas tidak kecuali tanaman padi. Dalam pilih benih padi ada dua persyaratan utama yakni
  • tahu vigor benih padi 
  • tahu viabilitas dari benih yang bakal kita tanam 

Langkah petani beroleh benih padi sekarang ini : 

  1. Petani padi umumnya beroleh benih dari pemerintah yang disalurkan pada grup tani sebagai pertolongan atau subsidi untuk mendukung satu program pemerintah yang umumnya terkait dengan ketahanan pangan. 
  2. Kadang-kadang petani juga beli sendiri benih yang bakal ditanam terlebih bila bakal menamam padi type hibrida 
  3. Dan tidak sedikit petani memperoleh benih dari hasil panen pada awal mulanya. 

Pada awal mulanya kita temui bahwa umumnya petani melalukan uji kwalitas benih untuk ditanam lewat cara merendamnya dengan air. Indikator yang dipakai untuk memfillter benih yang unggul yaitu dengan mengambil benih yang terbenam (bernas) dan buang benih yang melayang (hampa).

Cara itu tak sepenuhnya salah, tetapi lewat cara itu kurang maksimal untuk menilainya benih unggul serta seragam hasilya.

Nah yang bakal kita ulas berikut ini yaitu bagaimanakah petani dapat memperoleh hasil panen maksimal dari benih hasil panenan pada awal mulanya. Lantaran terkecuali gampang pemakaian benih dari bekas panen pada awal mulanya akan menghimpit cost produksi untuk pembelian benih.

Benih yang bakal dipakai yaitu benih dari padi hasil panen pada awal mulanya yang sudah dapat dibuktikan mempunyai produktivitas yang tinggi.

Tetapi sebagai catatan utama di sini yaitu pemakaian varietas yang sama dengan cara berkali-kali dalam luasan tempat yang sama baiknya dijauhi serta alangkah sebaiknya memakai varietas yang sama dalam kurun saat spesifik serta menggilirnya dengan varietas lain.

Kembali pada tema awal kita yaitu panduan pilih benih padi yang berkwalitas dari hasil panen pada awal mulanya (terkecuali benih hibrida) sebagai langkah awal untuk tingkatkan serta menjaga produktivitas panen.

Beberapa langkah dalam pilih benih padi yang berkwalitas yaitu : 


1. Memakai indikator telur serta garam 
  • Siapkan ember atau wadah untuk menanpung benih 
  • masukkan air kedalam wadah benih kurang lebih volumenya 2x berat benih 
  • masukkan telur didasar air serta imbuhkan garam sedikit untuk sedikit sampai telur terangkan kepermukaan air 
  • ambillah telur yang terangkat ke permukaan 
  • masukkan benih kedalam larutan garam serta aduk hingga tercampur 
  • tunggulah sebagian waktu & buang benih yang mengambang dan sisihkan benih yang terggelam untuk ditanam atau disemaikan. 

2. Memakai Indikator telur serta abu 

  • Siapkan ember atau wadah untuk menanpung benih 
  • masukkan air kedalam wadah benih kurang lebih volumenya 2x berat benih 
  • masukkan telur didasar air serta imbuhkan abu sampai telur terangkan kepermukaan air 
  • ambillah telur yang terangkat ke permukaan 
  • masukkan benih ke air yang tercampur abu serta aduk hingga rata 
  • tunggulah sebagian waktu & buang benih yang mengambang dan sisihkan benih yang terggelam untuk ditanam atau disemaikan. 

Nah, sahabat, tersebut panduan pilih benih padi yang berkwalitas yang dapat kami bagikan pada anda seluruhnya. Mudah-mudahan berguna, janganlah lupa bagikan ke saudara, teman dekat serta rekan anda yang lain ya.

No comments:

Post a Comment