Sunday, July 1, 2018

Budidaya Tanaman Manggis

Manggis yaitu tanaman yang memerlukan iklim lembab hingga basah dengan curah hujan yang rata selama th. atau minimum 5 bln., Keadaan iklim itu dipunyai oleh berapakah lokasi dipulau Lombok sebagai sentra penanaman buah manggis. Tetapi sayangnya keadaan komoditas hortikultura yang satu itu belum dapat berkompetisi di pasar global karena kwalitas buahnya yang masih tetap dibawah standard kriteria SPS WTO, karena tanaman manggis yang ada saat ini adalah tanaman yang tidak mati di perkebunan serta halaman orang-orang yang tanamannya adalah tanaman warisan serta kurang terpelihara. Lihat keadaan itu butuh diselenggarakan peremajaan tanaman dengan bibit unggul serta perawatan yang sempurna supaya bisa membuahkan produksi buah dengan kwalitas sempurna. Tersebut tehnik budidaya tanaman manggis supaya dapat membuahkan buah yang sempurna.


Persiapan tempat serta Penanaman 

Buat lubang tanam ukuran 50 x 50 cm sedalam 25 cm & letakkan tanah galian tanah di satu segi. Perdalam lubang tanam hingga 50 cm & letakkan tanah galian di segi lain. Keringanginkan lubang tanam 15-30 hari. Lalu masukkan tanah sisi dlm (galian ke dua) & masukkan kembali susunan tanah atas yg sudah digabung 20-30 kg pupuk kandang. Jarak antar lubang 8 x 10 m atau 10 x 10 m dihitung dari titik tengah lubang. utk tempat berlereng butuh di buat teras, tanggul & saluran drainase utk menghindar erosi.  Dengan jarak tanam 10x 10 m atau 8 x 10 m dibutuhkan 100-125 bibit per hektar.

Langkah menanam bibit yg benar yaitu seperti berikut :
  • Siram bibit di dlm polybag dengan air hingga polibag bisa dilepaskan 
  • Buang beberapa akar yg terlampau panjang dengan pisau/gunting tajam. 
  • Masukkan bibit ke tengah-tengah lubang tanam, timbun dengan tanah hingga batas akar & padatkan tanah perlahan. 
  • Siram hingga tanah cukup lembab. 
  • Beri naungan yg terbuat dari tiang-tiang bambu beratap jerami. atau pohon-pohon yang berperan sebagai pelindung alami. umpamanya tanaman Albisia & Lamtoro 

Pemeliharaan tanaman manggis 


1. Penyiangan serta Pemangkasan 
Penyiangan dikerjakan dengan cara kontinyu & baiknya dikerjakan berbarengan dengan pemupukan & penggemburan yakni 2 x dalam satu tahun. sedang pemangkasan yakni pemangkasan ranting-ranting manggis yg tumbuh kembar & telah tak berbuah utk menghindar serangan hama & penyakit.

2. Pemupukan 
  • Pohon Manggis berusia 6 bln. dipupuk kombinasi urea, SP-36 & KCl (3 : 2 : 1) sejumlah 200-250 gr/pohon. 
  • Pohon berusia 1-3 th. dipupuk kombinasi 400-500 gr Urea, 650-700 gr SP-36 & 900-1000 gr KCl (3 : 1 : 2) yg diberikan dlm dua hingga tiga kali. 
  • Pohon berusia 4 th. & selanjutnya dipupuk kombinasi urea, SP-36 & KCl (1 : 4 : 3) sejumlah 3-6 kg. pohon ditambah 40 kg/pohon pupuk kandang. Pupuk ditaburkan di dlm larikan/di dlm lubang-lubang di sekitar batang dengan diameter sejauh ukuran judul pohon. dlm larikan & lubang seputar 10-20 cm sedang jarak antar lubang seputar 100-150 cm. 
3. Penyiraman serta Pemberian Mulsa 
Tanaman manggis yg berusia dibawah lima th. membutuhkan ketersediaan air yg cukup & terus-terusan hingga mesti disiram satu hingga dua hari sekali. Sedang pada pohon manggis yg berusia kian lebih lima th., frekwensi penyiraman berangsur-angsur bisa dikurangi. Penyiraman dikerjakan pagi hari lewat cara menggenangi saluran irigasi atau disiram. sedang pemberian mulsa jerami dihamparkan setebal 3-5 cm menutupi tanah di sekitar batang yg masih tetap kecil utk menghimpit gulma, melindungi kelembapan & aerasi & kurangi penguapan air.

Manggis (Garcinia mangostana L) yaitu buah dengan kelezatan serta cita rasa, dan tampilan yang khas, bahkan juga diluar negeri buah itu dikenal sebagai Queen of fruit. Tidak terlalu berlebih sangkanya manggis di juluki sebagai the queen of fruit mengikuti the king of fruit (Durian), lantaran Nyaris keseluruhnya sisi yang ada dalam buah Manggis, dari mulai buahnya yang fresh, kulit buahnya, daun bahkan juga kulit kayunya mempunyai bermacam manfaat untuk kesehatan manusia. Kandungan yang ada didalam kulit buah manggis yaitu xamthon, Vitamin C, Vitamin B komplek serta rendah kalori.

No comments:

Post a Comment