Friday, June 29, 2018

Langkah Menanam Bunga Pukul 8 dengan Stek

Sebagai satu diantara tanaman yang mempunyai banyak kandungan air pada setiap sisi badannya, pasti langkah menanam bunga pukul 8 dengan stek sangatlah gampang untuk dikerjakan. Tak heran bila beberapa orang sudah sukses membudidayakan tanaman itu sebagai penambahan penghias pagar tempat tinggal atau taman.

Dinamakan bunga pukul 8 lantaran bunga yang sangatlah cantik itu bakal mekar pas pada pukul 8 – 9 di tiap-tiap paginya. Sayangnya, saat mencapai sore hari, bunga itu bakal gampang layu serta kembali menguncup. Jadi janganlah sia-siakan peristiwa mekarnya bunga pukul 8 itu.

Bunga pukul 8 sangatlah popular di budidayakan di lokasi tropis seperti Indonesia, bisa tumbuh pada lingkungan yang kering serta tidak mati merambat pada media tanamnya. Bunga pukul 8 mempunyai beberapa warna cerah seperti merah, oranye, putih, serta kuning. Daunnya kecil-kecil hingga bila semua bunga sudah mekar pada pagi sampai siang hari, bunga-bunga cantik itu bakal menutupi permukaan daun dan batangnya. Dapat dipikirkan pesona keindahannya, bukan? Baiklah tanpa ada berbasa-basi lagi, mari kita simak langkah menanam bunga pukul 8 dengan stek.

1. Siapkanlah media tanamnya 

Langkah awal yang butuh Anda kerjakan yaitu menyiapkan media tanam untuk bunga pukul 8. Lantaran kita bakal menanam dengan tehnik stek batang, jadi baiknya media tanam itu ditempatkan di polybag atau tempat lain yg tidak terlampau besar.

Keuntungannya, kita bisa memonitor perkembangan batang yang kita tanam kembali dengan cara lebih intensif. Selain itu, kita bakal selekasnya tahu bila ada tanaman yang pertumbuhannya tak maksimal, hingga kita dapat selekasnya lakukan penyulaman.

Persiapan media tanam :

  • Campur tanah serta pupuk kompos (dapat pula memakai pupuk kandang) dengan perbandingan komposisi 1 : 1 
  • Tempatkan dalam polybag yang telah Anda sediakan 
  • Beri jeda saat 1 hari saat sebelum penanaman bunga pukul 8, supaya tanah serta unsur hara yang didapat dari pupuk bisa merata 
  • Jagalah kelembaban media tanamnya 

2. Potong sisi tanaman indukannya 

Media tanam sudah kita siapkan, saat ini waktunya berpindah pada tanaman indukan yang akan kita stek. Tentukan bunga pukul 8 sesuai sama warna yang Anda kehendaki, atau Anda dapat memperoleh indukan dengan bermacam warna serta type sekalian, seluruhnya bergantung selera Anda. Potong sisi bunga yang tampak telah tua, batangnya besar, serta yang terutama bebas dari hama dan penyakit.

Potong sisi batang itu selama 8 – 10 cm, rendam dalam larutan fungisida jika memang perlu untuk hindari tanaman itu terkena penyakit beresiko.

3. Tehnik menanam 

Media tanam beserta indukan bungapukul 8 sudah siap. Segera saja kita menanam bunga pukul 8 itu ke media tanamnya. Lubang tanam yang ideal yaitu berdiameter 5 cm dengan kedalaman 5 cm juga, sesudah sisi batang dari bunga pukul 8 ditempatkan dalam lubang tanamnya, jadi tutup kembali lubang dengan tanah.

Padatkan permukaan tanahnya supaya batang yang baru ditanam itu dapat menancap dengan kokoh. Siram dengan sedikit air supaya kelembaban terus terbangun dengan baik. Pada awal penanaman, baiknya tempatkan polybag di ruang yang terlindung dari pancaran cahaya matahari segera.

4. Memindahkan tanaman 

Sesudah terlihat tunas baru bermunculan dari batang yang di stek, jadi telah waktunya kita memindahkan bibit tanaman itu ke media tanam yang lebih luas. Umumnya kita cuma butuh menanti seputar 2 minggu agar bisa memindahkan bunga pukul delapan itu.

Beberapa langkah perpindahan mesti dikerjakan dengan hati-hati supaya tak mengakibatkan kerusakan akar tanaman serta jadi membuatnya mati. Tak jauh tidak sama dengan tehnik penanamannya, tersebut langkah memindahkan bunga pukul 8 ke ruang tanam yang baru.

Buat persiapan terlebih dulu media tanamnya, dengan komposisi isian yang sama
Gali lubang tanam dengan kedalaman lebih kurang 15 cm
Tempatkan bunga pukul 8 pada lubang tanam itu, lantas tutup kembali sembari dipadatkan
Siram dengan air secukupnya

5. Lakukan perawatan 

Usai menanam bukanlah bermakna pekerjaan kita sudah usai. Unutuk memperoleh bunga pukul 8 yang mekar indah dengan warna yang cerah, kita mesti lakukan sebagian perawatan. Lantaran sisi bunganya rapuh serta gampang patah, jadi sepanjang sistem perawatan itu Anda butuh lakukan dengan hati-hati. Tersebut perawatan bunga pukul 8 yang dibutuhkan.

  • Penyiraman yang tepat 

Bunga pukul 8 telah mempunyai banyak kandungan air dalam badannya, oleh karenanya, tanaman itu condong bisa bertahan dengan cuaca panas.

Kerjakan penyiraman sesekali saja bila keadaan tanah telah terlihat kering atau dua hari sekali dalam keadaan cuaca normal. Terlampau banyak penyiraman dapat mengakibatkan tanaman cepat busuk serta mati.

  • Kerjakan penyiangan 

Singkirkan gulma yang mengganggu sangatlah utama untuk dikerjakan supaya nutrisi dalam tanah terserap dengan benar oleh bunga pukul 8. Hati-hati saat bersihkan gulma, jangan pernah akar bunga pukul 8 juga turut tercabut.

  • Kerjakan pemangkasan 

Pemangkasan dikerjakan untuk membuat banyak cabang dan merangsang timbulnya bunga pukul 8 lebih cepat lagi.

  • Beri pupuk kelanjutan 

sesudah pada step awal penanaman bunga pukul 8 kita menaburkan pupuk kompos, saat ini waktunya menaikkan nutrisi dengan berikan pupuk kelanjutan. Type pupuk yang dipakai yaitu pupuk NPK, pemberian bisa dikerjakan 2 bln. sekali.

  • Keuntungan Stek 

Mungkin saja pera pembaca ajukan pertanyaan, kenapa kita menanam bunga pukul 8 dengan tehnik stek? Kenapa tak segera dari bijinya saja? Jawabannya yaitu lantaran dengan tehnik stek kita bisa membuahkan anakan bunga yang mempunyai karakter serupa dengan indukannya.

Oleh karenanya, saat pilih indukan, baiknya kita ambillah yang berkwalitas serta dapat dibuktikan bisa berbunga dengan indah.

Diluar itu, tehnik stek sangat mungkin agar bisa selekasnya memanen bunga atau nikmati keindahannya kurun waktu 1, 5 – 2 bln. saja mulai sejak saat tanam.

Sekianlah artikel perihal langkah menanam bunga pukul 8 dengan stek yang bisa kami bagikan, mudah-mudahan berguna untuk beberapa pembaca sekalian.

No comments:

Post a Comment